Tuesday, September 28

OJK Jamin Implementasi e-KYC

Kewenangan Layanan Keuangan (OJK) jamin implikasi Electronic Know Your Konsumen (e-KYC) pada layanan industri keuangan dalam negeri. agen slot online terpercaya

Kepala Group Pengatasan Anti Pencucian Uang dan Penjagaan Permodalan Terorisme (APU PPT) OJK, Heni Nugraheni mengatakan, dasar yang diartikan yaitu Ketentuan OJK Nomor 12/POJK.01/2017 seperti dirubah dengan Nomor 23/POJK.01/2019 mengenai implementasi program APU PPT di bidang layanan keuangan.

Ketentuan ini berisi minimal empat konsentrasi khusus, di antara lain; risk assessment TPPU/TPPT, peraturan dan proses APU dan PPT, CDD berbasiskan tehnologi, dan mekanisme info manajemen.

“Jadi, seluruh produk baru, usaha baru, distribusi atau tehnologi baru, saat sebelum dipakai mereka harus lakukan penilaian resiko TPPU/TPPT. Ini untuk pastikan jika kelak produk, usaha, distribusi, kanal atau tehnologi ini tidak jadi fasilitas untuk lakukan pencucian uang atau permodalan teroris,” tutur Heni dalam Seminar-online eKYC: Jalan keluar Digital untuk Akselerasi Keuangan Inklusif,” Selasa (1/12/2020).

Kemudian, di turunkan dari risk assessment berbentuk peraturan dan proses yang perlu searah dengan peningkatan produk service tehnologi yang ada. Dan memperrimbangkn factor yeknologi yang mempunyai potensi untik disalah pakai

“Dengan peraturan ini karena itu mereka (penyuplai service) akan sanggup memitigasi resiko yang sudah dideteksi,” kata Heni.

Spesial untuk CDD berbasiskan tehnologi, Heni menjelaskan OJK telah mengendalikannya. Di mana ada kemungkinan-kemungkinan lakukan proses CDD dengan manfaatkan tehnologi info atau fasilitas elektronik.

“Kami wajibkan jika mereka memakai fasilitas elektronik karena itu ada dua factor autentikasi yang diharuskan untuk penyuplai layanan keuangan. Kita meminta untuk penyuplai layanan sanggup mengenali, menganalisa dan mengawasi laporan secara elektronik secara efisien,” terang Heni.

Bidang keuangan Indonesia dipandang masih konstan dan sehat di tengah-tengah wabah COVID-19. Beberapa tanda khusus, dimulai dari kualitas asset sampai likuiditas, tetap terlindungi.

error: Content is protected !!